PENERAPAN METODE DISKET PQRST UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA MATERI KALIMAT UTAMA PADA PARAGRAF

Penulis

  • Nikmatul Izah Universitas Yudharta Pasuruan

Kata Kunci:

Metode disket, tahapan PQRST, kalimat utama paragraf

Abstrak

 Salah satu metode pembelajaran kooperatif adalah Metode Disket atau Metode Diskusi Kelompok Terbimbing yang melibatkan siswa bekerja dalam kelompok yang heterogen dalam menyelesaikan tugas. Strategi ini menempatkan seluruh tanggung jawab pengajaran kepada seluruh anggota kelas. Adapun tahapan PQRST merupakan tahapan pembelajaran selama proses diskusi kelompok terbimbing. Dimulai dengan tahapan P yaitu tahapan Preview atau menyelidiki. Selanjutnya tahapan Q yaitu tahapan Question atau bertanya. Dilanjutkan dengan tahapan R yaitu tahapan Read atau membaca. Dilanjutkan dengan tahapan S yaitu tahapan State atau menyatakan. Dan diakhiri dengan tahapan T yaitu tahapan Test atau menguji. Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas yang berawal dari adanya masalah dalam pembelajaran Bahasa Indonesia materi menentukan kalimat utama pada paragraf di kelas X TPBO SMK Negeri 1 Purwosari. Hasil penelitian menunjukkan bahwa menyelesaikan masalah kalimat utama dalam paragraf terdapat peningkatan kemampuan siswa pada tahap awal pembelajaran sebesar 25%, pada tahap diskusi sebesar 23%, dan pada tahap akhir pembelajaran 22%. Berdasarkan hasil nilai post tes terhadap Kriteria Ketuntasan Minimal siswa dapat disimpulan bahwa penggunaan metode Disket PQRST ini bisa meningkatkan kemampuan siswa dalam menyelesaikan masalah pembe materi kalimat utama dalam paragraf

Unduhan

Diterbitkan

2022-03-02

Terbitan

Bagian

Artikel